04/19/2014

GFXhosting

Cara ADB – Fastboot

Entah bagaimana dengan kamu, tapi saya bukan developer, dan saya tidak terlalu perlu mendowload seisi Android SDK hanya untuk menjalankan sedikit perintah fastboot atau pun adb, saya cukup mendownload yang kiranya di dalam folder tool/ yaitu adb, fastboot. baik itu untuk Mac, Linux, atau pun Windows. semua tercukupi dan lumayan mencakup driver untuk beberapa device, kecuali pada penggunaan di Windows OS.

download SUPERBOOT

untuk masuk ke Fastboot, atau recovery biasanya tergantung dari jenis device, bisa dengan tombol power down + power saat menyalakan device, ada juga yang menggunakan tombol volume up + power, semua tergantung pabrikan pembuatnya. Dan kadang diperlukan juga untuk Enable ‘USB Debugging‘ di Galaxy S II kamu dengan cara Settings > Applications > Development > USB debuging. Dan kadang ada yang tidak bisa.

Baca juga:

saya cuma punya beberapa perintah adb / fastboot yang sudah hapal di luar kepala karena paling sering digunakan.

Fastboot

beberapa perintah itu gak lain adalah:

fastboot flash radio radio.img
fastboot flash recovery recovery.img

Penggunaan yang saya lakukan menggunakan MacOS, berarti pada simpelnya, saya tidak perlu menginstall file tersebut, cukup meletakannya di folder pada desktop saya.

cukup menggunakan Terminal, lalu mengarahkannya ke folder di mana /tools/adb itu di letakan, misalnya:

“cd Desktop/android/tools/”

dengan penggunaan di mac, berarti saya menggunakan fastbot-mac, atau bisa juga sih sebenarnya pakai yang fastboot aja, tapi namanya udah kebiasaan yak. bila kamu di linux mungkin akan menggunakan adm-linux, dan begitupun pada penggunaan adb-windows.exe

jadi bila saya hendak memasukan radio atau recovery baru, perintah yang saya jalankan adalah

./fastboot-mac flash radio radio.img
./fastboot-mac flash recovery recovery.img

* File radio.img atau recovery img harus diletakan di dalam folder fastboot-adb sesudah didownload yang cocok untuk device kamu.

 

ADB

Dan untuk adb, perintah paling favorit saya adalah:

./adb-mac shell

Perintah tersebut membawa kita ke terminal dalam dari device hape kita, seperti kita meremotenya melalui komputer kita sendiri dengan koneksi melalui USB.

dan perintah lainnya paling juga cuma

./adb-mac push namafileaplikasi.apk

Gak lain dan gak bukan, saya bukan developer, jadi penggunaan paling yah itu-itu aja yang saya sering lakukan untuk masalah yang kecil dan sederhana.

Sebenarnya masih banyak perintah untuk fastboot / adb, semua bisa dilihat dengan cara help atau man nya.

Sekian dulu, Mohon masukannya, dan bila ada kekurangan, nanti akan saya update.

selamat bereksplorasi :D

Switch to our mobile site